Hubungan Antara Kaidah Berpikir Tepat dan Logis dengan Filsafat Ilmu


Pengertian Logika

Logika adalah cara berpikir tepat pada sasaran. Sedangkan berpikir logis adalah berpikir secara tepat baik dalam kerangka maupun materi, baik secara formal maupun secara material. Logika dimiliki oleh setiap manusia. Dengan adanya logika manusia mampu berpikir. Dan sudah semestinya manusia mampu berpikir sebagaimana mestinya. Berpikir merupakan bawaan yang ada pada manusia sejak dulu hingga sekarang. Dengan adanya kemampuan untuk berpikir, manusia dapat membedakan mana yang salah maupun yang tidak.

Manusia dapat membedakan antara hal-hal yang dikiranya salah dan hal-hal yang dikiranya salah. Kemampuan berpikir secara tepat pada manusia sangatlah luar biasa. Namun, tergantung dari manusia itu sendiri. Ada manusia yang menggunakan pikirannya dalam menjalani hidupnya. Serta, ada manusia yang tidak menggunakan pikirannya dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Manusia yang tidak mengunakan pikirannya inilah yang nantinya akan disamakan statusnya dengan makhluk-makhluk lain seperti binatang yang tidak mempunyai “akal”. Binatang hanyalah mengandalkan instingnya dan kebiasaan-kebiasaan yang dilakukannya setiap harinya. Sehingga binatang dalam kehidupannya akan selalu statis dan cenderung tidak dapat memajukan dirinya.

Inilah fakta pada manusia. Dia berpikir. Berpikir merupakan sebuah proses untuk mencari tahu tentang apapun yang sebelumnya belum diidentifikasikan sebagai sesuatu yang telah ada maupun yang tidak ada.

Pengertian Filsafat Ilmu

Ilmu adalah (inggris : Knowledge) adalah bagian yang esensial yang berasal dari hasil penafsiran dari apa yang telah terpikirkan manusia. Kemajuan manusia sekarang ini dengan akal mereka yang mereka gunakan secara optimal membuahkan ilmu-ilmu yang ada sekarang ini dan membedakan mereka dengan makhluk yang tidak mempunyai akal.

Filsafat berasal dari bahasa yunani yang telah diarabkan. Kata ii berasal dari dua kata yaitu philos yang berarti mencintai atau menyenangi dan shopia yang berarti pengetahuan. Ini berart filsafat adalah pecinta pengetahuan.

Hubungan berpikir tepat dan logis dengan filsafat ilmu

Manusia pada dasarnya adalah makhluk yang berpikir. Sejak dulu hingga sekarang, manusia tetaplah menjadi orang yang selalu berpkir. Yang membedakan antara dahulu dengan yang sekarang adalah cara berpikir mereka yang dahulu lebih percaya terhadap takhayul, dongeng, dan rasa ingin tahu terhadap mitologi-mitologi yang berkembang di lingkungan sekitar mereka. Sedangkan yang sekarang, mereka berpikir secara modern. Mereka tidak percaya pada apapun seperti takhayul atau sejenisnya karena mereka menginginkan adanya kaidah teori yang valid, konkrit, logis, bersifat empiris, dan dapat dipercaya keberadaanya. Selain itu yang membedakan antara cara berpikir dahulu dengan yang sekarang adalah orang terdahulu lebih cenderung berpikiran skeptis (berpikir sesuai dari apa yang telahdipikirkan oleh orang lain. sedangkan bagi orang-orang yang sekarang mereka cenderung ingin bersifat kritis (tidak ingin menerima apa adanya).

Mereka yang telah melakukan pemikiran secara modern dimulai dari 3 orang. Yaitu, Socrates (469-399 SM), Plato (427-347 SM), dan Aristoteles (384-322 SM). Mereka berhasil menciptakan pengetahuan-pengetahuan dasar yang sangat mempengaruhi kehidupan manusia akan ketergantungan dari pemikiran-pemikiran kaum sophia atau kaum pandai. Hasil dari pengetahuan dasar atau biasa disebut dengan ideologi ini adalah dialektika oleh Socrates, rasionalisme oleh Plato, dan Empirisme oleh Aristoteles.

Pada perkembanganya, ideologi inilah yang menciptakan hasil-hasil pemikiran lainnya. Seperti pada ilmu pengetahuan alam yakni, fisika, biologi, ilmu pertambangan, dan astronomi. Ilmu pengetahuan eksata dan matematika. Dan ilmu tentang pengetahuan beragama dan methafisika.

Kebenaran dalam kegiatan imiah dan filsafat ilmu bersumber dari kebenaran e[istemologi. Teori pengetahuan disebut sebagai teori kebenaran klasik yang sifatnya universal dan berlaku umum untuk berbagai bidang keilmuan yang bertujuan mencari objektivitas dan kebenaran ilmiah.

Teori kebenaran yang ada pada filsafat ilmu digunakan sebagai dasar untuk menghasilkan kebenaran untuk berpikir tepat dan logis. Semua orang memiliki pemahaman yang sama akan sesuatu hal yang dari dahulu hingga sekarang tetap sama. Sebagai contoh, meja dari dahulu hingga sekarang tetaplah bernama meja tidak digantikan dengan yang lain.

Di sisi lain, teori kebenaran juga merupakan batas pengetahuan dalam landasan teori kebenaran. Pembatasan pengetahuan itu dibatasi oleh panca indera kita. Kita dapat melihat, mendengar, mengecap, meraba, dan mencium dari panca indera itu secara tepat. Apabila salah satu dari panca indera tersebut tidak berfungsi dengan baik maka tidak dapat berpikir secara tepat. Selain pengetahuan dari indera, juga ada pengetahuan non indera yang menjadi sumber pengetahuan manusia. Tu berasal dai akal budi manusia atau rasio manusia. Melalui akal, manusia dapat berpikir secara tepat dan logis, dapat memiliki gagasan atau ide dan hasil dai berpikir itu adalah pengetahuan yang rasional.

Filsafat ilmu merupakan pemersatu ilmu. Dengan adanya filsafat ilmu yang merupakan dasar dari pemikiran yang dikembangkan sekarang ini membuat semua manusia dapat berpikir secara tepat dan logis, dapat membedakan mana yang benar dan yang salah, mana yang ada dan tiada, dan dapat memiliki gagasan dan hasil berpikir yang rasional. Semua itu diawali dengan adanya rekonstruksi teori dan mempunyai akal yang dapat menyebabkan kesepahaman akan suatu hal yang mendasar.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

    • 381,038 pendatang
  • Calendar

    September 2009
    M T W T F S S
    « Aug   Dec »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: