Prospek Kerja Teknologi Bioproses


Prospek Kerja Teknologi Bioproses

Teknologi bioproses memiliki kemiripan dengan teknik kimia. Namun, pada prinsipnya ada perbedaan diantara keduanya yaitu dalam penggunaan organisme biologis dalam membuat suatu produk. Prospek kerja untuk seorang lulusan dari teknologi bioproses sangatlah banyak dan luas. Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya untuk mengetahui tentang apa itu teknologi bioproses terlebih dahulu.

Prospek Kerja Teknologi Bioproses

Mungkin sekarang kalian masih bingung bagaimana sih nanti seorang sarjana teknologi bioproses itu bekerja. Berikut ini adalah beberapa alasan dari sisi prospek kerja yang bisa diambil oleh sarjana-sarjana teknologi bioproses pada umumnya :

1. Industri pangan (Food and Beverage)

Yang namanya pangan atau makanan memang selalu menjadi kebutuhan primer manusia. Peran teknologi bioproses di Industri ini bisa sebagai orang yang mengontrol proses produksi pangan tersebut. Contoh industri pangan : PT UNILEVER, KRAFT, DANONE, PT Ajinomoto dan lain sebagainya

2. Industri minuman

Sama seperti pangan, minuman juga merupakan kebutuhan primer dari manusia. Minuman yang diproduksi yang membutuhkan seorang sarjana teknologi bioproses bukanlah minuman yang biasa-biasa. Minuman yang diproduksi biasanya mengandung probiotik yang dapat membuat tubuh manusia yang mengkonsumsinya lebih sehat contohnya seperti yoghurt, susu probiotik, dan minuman probiotik lain. Contoh industri minuman : Cimory, Yakult, dan lain sebagainya.

3. Industri vaksin

Vaksin dibutuhkan untuk memperoleh imunitas dengan cara melemahkan bakteri ataupun virus penyebab penyakit. Di industry vaksin ini, seorang sarjana teknologi bioproses di laboratorium untuk produksi vaksin sebelum diproduksi secara massal, bagian Research and Development, Quality Control, atau sebagai orang yang bertanggung jawab dalam proses pembuatan vaksin secara massal. Contoh industri vaksin : PT Biofarma (satu-satunya di Indonesia)

4. Industri Farmasi

Industri farmasi berkaitan dengan produksi obat-obatan. Seorang sarjana teknologi bioproses memiliki peran yang sama seperti bekerja di industri vaksin. Contoh industry farmasi : PT Bayer, PT Kimia Farma

5. Industri Energi

Cadangan minyak bumi semakin lama semakin menipis. Diprediksikan apabila terus-menerus menggunakan minyak bumi sebagai sumber energi utama untuk melakukan aktivitas sehari-hari maka cadangan minyak bumi akan habis pada tahun 2030. Selain itu, energi yang berasal dari minyak bumi dapat menyebabkan Global Warming akibat dari hasil pembakaran yang terjadi. Oleh karena itu, dibuatlah suatu bentuk energi yang dapat menggantikannya dan lebih ramah lingkungan. Contohnya seperti biodiesel, bioetanol, biopremium, biofuel cell, dan lain sebagainya.

Sekarang ini, mulai banyak perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang Minyak dan Gas (Oil and Gas Company) yang mengembangkan sumber energi terbarukan seperti contoh diatas. Perusahaan yang oil and gas yang sekarang juga bergerak untuk memproduksi energi terbarukan adalah seperti British Petroleum, Chevron, Pertamina, dan Sime Darby Energy. Oya, gaji untuk kerja di industri ini lumayan besar lho bisa mencapai $5000/month bahkan bisa lebih. J

6. Industri Biomedical

Industri biomedis adalah aplikasi dari ilmu biologi dibidang medis. Banyak sekali senyawa-senyawa yang berasal dari organisme biologis yang dimanfaatkan untuk keperluan kesehatan. Seperti kolagen yang digunakan sebagai bahan pembuat tulang buatan dan untuk penutup luka organ bagian dalam. Kemudian ada kitosan yang dapat dijadikan benang operasi . Selain itu, ada aplikasi yang dapat mendeteksi adanya sel kanker. Walaupun aplikasinya sangat banyak dan sangat berpotensi untuk berkembang di masa depan tetapi sayangnya, Industri biomedis di Indonesia masih jarang diketahui. Industri biomedis banyak yang beroperasi di luar negeri.

7. Industri Biomaterial

Industri biomaterial merupakan industry utama untuk produksi bahan-bahan yang digunakan untuk biomedis dan lainnya. Industri biomaterial berfokus untuk memproduksi material yang berasal dari organisme biologis. Di Indonesia, belum ada sama sekali industry biomaterial. Padahal kebutuhan akan biomaterial di Indonesia itu sangat tinggi.

8. Proyek lingkungan

Seorang sarjana teknologi bioproses juga dapat bekerja dibidang lingkungan terutama dalam pengolahan limbah. Pengolahan limbah dilakukan dengan memanfaatkan mikroorganisme yang memiliki potensi untuk remediasi limbah menjadi tidak berbahaya. Pengolahan limbah yang dilakukan sekarang, mulai banyak yang beralih untuk menerapkan bioremediasi. Hal ini disebabkan oleh selain rendahnya modal yang diperlukan juga rendahnya energi yang diperlukan sehingga dapat menghasilkan suatu teknik remediasi yang efektif dan efisien. Kabar baiknya, semua industri yang ada membutuhkan suatu pengolahan limbah yang terpadu. Jadi, peluang kerja di bidang lingkungan ini sangat-sangatlah luas. Jika kalian mau bekerja di bidang ini, coba mulai dari kuliah ikut-ikut organisasi dan kegiatan yang peduli terhadap lingkungan untuk menambah pengetahuan kalian tentang lingkungan.

Membuka Usaha Sendiri : Challenge your Technopreneurship

Oya, seorang lulusan dari teknologi bioproses tidak hanya dipersiapkan untuk memperoleh kerja saja tapi juga dipersiapkan untuk mempekerjakan orang lain. Kembangkan jiwa entrepreneurship kalian, dan bukalah lapangan pekerjaan untuk orang lain. Buatlah suatu usaha atau bisnis yang bergerak disalah bidang yang dicontohkan diatas. Dengan adanya usaha seperti, kalian sudah berusaha untuk mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia.

Seorang lulusan teknologi bioproses telah memiliki kemampuan yang lebih untuk mengembangkan teknologi bioproses di Indonesia. Sayang sekali apabila kemampuan yang kalian dapatkan dipakai untuk memperkaya suatu perusahaan yang merupakan perusahaan dari luar negeri. Yang berarti kalian semakin memperkaya Negara lain sementara Negara Indonesia lagi-lagi hanya dijadikan sebagai konsumen tanpa ad
a kemajuan sama sekali. Jadikan diri kalian sebagai pemimpin sebuah pekerjaan, jangan jadikan kalian sebagai orang yang dipimpin. Janganlah kita bekerja untuk uang, tapi biarkan uang yang bekerja untuk kita. Jadikan Indonesia sebagai Negara yang maju dan berkembang. Salah satunya adalah dengan mengembangkan jiwa entrepreneurship kalian. SDA berasal dari Indonesia, SDM juga dari Indonesia, tapi diproduksi untuk dunia.

About these ads
Comments
47 Responses to “Prospek Kerja Teknologi Bioproses”
  1. marss says:

    kerjanya gajinya gede banget.. luas cakupannya..
    mungkin kurang disosialisasikan ..

  2. ayu andari says:

    membaca peluang kerja dr lulusan teknologi bioproses ternyata banyak ya.. sy sendiri memiliki basic dari ilmu kimia,, FMIPA. pada dasarnya semua ilmu yg dipelajari di jurusan itu ada di jurusan kimia,, tp pengaplikasiannya lebih byk di Teknik kimia dan teknologi bioproses,,,, jd ilmu kimia memang luas,, skrg tergantung dr kimia berkreatif dan berjiwa enterpreneur,,, tris membaca sekilas tentang jurusan ini membuat sy tambahbyk info dan tentunya ide2 untuk berapresiasi pd ilmu yg sy tekuni

    • lischer says:

      Terima kasih. Informasi-informasi di blog ini bisa menambah pengetahuan anda dan kita semua. Juga tidak lupa, kita harus bisa membangkitkan jiwa entrepreneur kita. Agar dapat membuat Indonesia menjadi lebih baik lagi.

  3. Liana says:

    kak mo nanya, bioproses ma food tech (teknologi pangan) itu sama ga sih?

    • lischer says:

      Sangat berbeda. Kl food tech itu lebih spesifik untuk pangan saja. Misalnya, membuat makanan untuk memenuhi gizi sehari-hari pada saat dalam keadaan darurat. Contoh lainnya seperti produk susu, roti, dll.

      Untuk bioproses, dia lebih umum. Tidak hanya dapat berkutat di bidang pangan saja, tetapi juga di bidang energi, farmasi, dan lain sebainya seperti yang disebutkan di atas. Ini keuntungan dari bioproses itu sendiri karena memiliki peluang untuk mengetahui banyak hal.

      • Liana says:

        Ow. hm, brarti blajar food tech jg+farmasi jg…

        Klo plajaran ny ky gmn ya kak? kbykn kimia ny ato biologi ny?

        teknik bioproses ini ada di univ ap aj y kak?
        slain di UI

      • lischer says:

        Core competence dari teknologi bioproses adalah pengetahuan tentang kimia dan biologi (terutama bioteknologi) yang dipadukan dengan keilmuan keteknikan. Jadi, mahasiswa teknologi bioproses juga akan mempelajari tentang matematika (kalkulus, statistik, dll), fisika (fisika dasar, mekanika fluida, termodinamika, dll), lalu juga mempelajari tentang ekonomi, desain proses pabrik, dll.

        Jadi dengan pengetahuan yang didapat pada saat kuliah, kamu akan siap menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari baik itu dalam kerja atau membuka usaha sendiri!

      • Liana says:

        ma biotek bda ya kak?

      • lischer says:

        Bedanya kl teknologi bioproses itu yang mengaplikasikan ilmu bioteknologi. Agar produk bioteknologi dapat digunakan oleh masyarakat, itulah tanggung jawab engineer bioproses untuk memproduksi secara massal.

        Seorang engineer teknologi bioproses tidak hanya mengetahui seputar ilmu-ilmu dasar, kesehatan, keamanan, dan nilai ekonomis tetapi juga untuk memproduksi produk yang akan berguna untuk kemaslahatan umat.

  4. Mira says:

    mau tanya. teknik kimia sama bioproses beratan mana? terus kalo buat cewe, mendingan tekkim apa biproses?

    • lischer says:

      keduanya seimbang tidak ada yang berat ataupun ringan. Tergantung bagaimana kamu pada saat terjun di dunia tersebut. Untuk cewe, banyak kok di kedua jurusan tersebut :)

  5. ziepengensukses says:

    hy kak.
    Saya siswi kelas XII SMA,
    saya trtarik dgn jurusan tek.bioproses,salah 1 alasan saya adlh karna sya suka pljrn biologi.smakin mmpelajari biologi,smakin besar rsa pnasaran saya.
    Mmbaca blog kakak,mmbuat mata saya tak bsa brkedip.teknologi bioproses nampaknya mnjanjikan untuk karir dan prbaikan lingkungan,tpi kak, mslhnya adlh saya kurang mahir dlm pljrn kimia,pdhl bioproses psti gk jauh2 dri kimia.

    Tlg comment ya kak. Sya sdg bingung mnentukan jurusan kuliah saya.
    Trimakasih sblumnya.

    • lischer says:

      pada dasarnya, orang masih bisa untuk berusaha. Walaupun sekarang kamu tidak menyukainya, coba pelajari terus, pasti lama-kelamaan akan bisa

  6. sekar puri says:

    nice info bgt kak ^^
    bahkan bagi saya yg udah jadin mahasiswa TeBi selama 1,5th =P
    izin share ya,kak.. ^^

  7. Mochi says:

    Tampaknya menjanjikan…

    Tapi masalahnya lulusan jurusan ini beneran banyak yg keterima di pekerjaan2 yg kk sebutkan tadikah?
    Adakah fakta realnya?
    Ato itu cuma sesuatu yg memang diharapkan dari para lulusannya?

    Maaf kalau komen ku agak sarkastik. Tpi aq sering dengar kasus dimana sarjana jurusan2 spt ini berakhir “hanya sekedar” menjadi pengajar. mis.. lulusan biomedik akhirnya jadi guru, lalu lulusan STIH pun jdi pengajar di slah satu lembaga.

    Aq bukannya meremehkan posisi guru, hanya saja tujuanku bukan ke sana, tapi jadi peneliti (genetika) tulen.
    Ortuku ragu dgn jurusan ini dan maksa tuk ngambil kedokteran…
    Dan skrg pun aq jdi mulai berpikir bhwa ni jurusan kurang menjanjikan krn msh baru.
    Padahal tdinya aq lebih cenderung ke jurusan ini. (maaf jadi curhat, stress bgt….)

    Mohon direply….

    • motegum says:

      sayang sekali kak Kenny sekarang sudah tidak mengelola blog ini lagi, tapi sudah memiliki web pribadi. Saya juniornya di jurusan teknologi bioproses ini, blog saya http://www.motegum.wordpress.com.

      Tahun 2012 merupakan tahun pertama dicetaknya lulusan prodi teknologi bioproses, saya kurang tahu secara keseluruhan, tetapi memang ada senior saya yang diterima bekerja di perusahaan besar seperti lembaga konsultan maupun perusahaan multidimensional seperti U, dengan gaji yang lebih besar dari gaji dosennya (ini informasi dari dosen).

      Meskipun demikian, saya yakin TIDAK ADA satupun prodi yang bisa menjanjikan prospek masa depan yang cerah, apabila mahasiswa itu sendiri tidak mengiringi kuliah dengan usaha dan tekad yang kuat untuk berhasil. Jadi, prospek yang dipaparkan kak Kenny sejauh yang saya ketahui sudah sesuai, tinggal mahasiswanya : bisa tidak, mampu tidak dan berani tidak untuk terjun ke dunia teknologi bioproses tersebut.

      Kalau boleh curhat juga, saya memang suka dengan prodi ini, keyakinan saya adalah apabila saya belajar dan bekerja pada bidang yang saya sukai/minati, belajar maupun bekerja (setelah lulus) akan menyenangkan, bukan menjadi beban, itulah hidup yang ingin saya jalani :)

  8. alin says:

    Setuju sama mochi
    Apa iya segitu luasnya prospek kerja dimasa depannya?
    Kalaupun iya apa perusahaan perusahaan tersebut membutuhkan lulusan dlm jumlah yg banyak?
    Makasih

  9. heru says:

    ma kasih ya ,bang. Setelah melihat artikel ini, saya makin minat untuk kuliah di UI jurusan Teknologi Bioproses. Kebetulan sewaktu pendaftaran SNMPTN undangan saya milih jurusan itu. sekali lagi terima kasih.

  10. budibadibu says:

    good description.hehe.kalo boleh nambahin, prospek industri bioproses indonesia itu sebenarnya sangat besar, karena kita punya biodiversitas laut dan darat no.1 di dunia. Dalam industri biproses, kita akan menggunakan strain2 mikroorganisme yang asalnya dari alam sekitar, jadi bisa dibilang kayanya mikroorganisme jenis apa aja juga ada di negara kita ini. Dosen saya dulu pernah cerita kalo bahkan orang Jepang pernah ke Indonesia hanya untuk mengambil sampel tanahnya untuk mendapatkan isolasi mikroorganisme. haha. Jadi, terus kembangkan industri yang belum berkilau ini. Dengan maraknya isu lingkungan dan minyak bumi yang akan habis, industri ini akan berkembang pesat dan kita sebagai orang Indonesia jangan sampai ketinggalan.^^

  11. teguh says:

    tertarik dengan teknologi bioproses,,mudah-mudahan bisa diterima di UI..hehe makasih infonya gan :) sayang sekali biomedis di Indonesia masih jarang.. :( buka perusahaan biomedis ah!*ngayal hahahaha

  12. berma says:

    saya diterima di Teknik Bioproses Universitas Brawijaya.Saya ingin bertanya sedikit mengenai jurusan ini.Mengapa di Universitas Brawijaya Teknik bioproses masuk didalam teknologi pertanian sedangkan di Universitas Indonesia masuk ke dalam Teknik Kimia.Kenapa kak?.Apakah secara prinsip sama apa tidak?.Bila berbeda,dimanakah perbedaannya?.

    • ranjid says:

      saya jg ketrima di UB teknik bioproses.. tp saya msh bgung. sma sperti berma bgung ttg perbedaan di UI ama UB, mhon dijelaskan. makasih.

  13. radit1212 says:

    ikutan tanya nih kak, salam kenal ya kak. menurut kakak apa mata pelajaran yg paling sulit wkt belajar teknologi bioproses? thanks…

  14. panca_hani says:

    thanks y buat infonya,,,,
    bguna banget,,,,,
    makalah bioprosesq ktolong de,,,, ^.^v

  15. karina inassyiva rosmala says:

    kalau s1-nya teknik bioproses, s2-nya sebaiknya apa ya?

  16. defa says:

    kak la kalo misale dah kerja di Industri apa sarjana T.bioproses bakalan kerja bagian karyawan? gak kan?

  17. Aullia Mauliddiena says:

    ass.. kaka . thanks yaa infonya :) aku tertarik banget nih sama jurusan teknik bioproses . tapi masih bingung . ko di univ. brawijaya teknik bioproses masuk fakultas teknologi pertanian ? sedangakan di UI masuk fakultas teknik kimia .. perbedaannya apa ? sebenarnya materi pelajaran yang diajarkan sama aja kan ? tolong jelasin yaa ka di tunggu secepatnya ..

  18. makasih kak informasinya udah mantep deh pilihan saya pertama TEKNIK LINGUNGAN UI kedua TEKNIK BIOPROSES UI .. doain ya kak supaya bisa tercapai

  19. Bani Adlan says:

    thanks buat infonya..kebetulan saya memlilih jurusan teknologi bioproses untuk jalur undangan..minta doanya ya semoga bisa lulus j.undangan dan keterima di t.bioproses…

  20. yui says:

    teknologi bioproses sm farmasi, kira” susah mana?

  21. lischer says:

    ohya, untuk mengetahui kenyataan dimana alumni-alumni bioproses bekerja dan berkarya bisa dilihat di

    http://www.kennylischer.com/2012/07/peluang-kerja-teknologi-bioproses-update.html

    Regards :)

  22. habib muzzammil says:

    Keren banget ini infonya, soalnya saya masih bingung milih Bioproses atau Teknik

  23. Ardian says:

    Wah, informasi yang menarik. Kak mau nanya, kalo buat masa depan, lebih mudah mencari beasiswa s2 (mungkin biotekologi) lulusan Bioprocess Engineering UI atau Bioengineering ITB? Terimkasih :)

  24. Hafsah says:

    Kak, saya sekarang duduk di kelas XII IPA
    Saya mau tanya, kalo bedanya teknologi bioproses sama bioengineering apa? sama kiat-kiat masuk UI dong kak. Soalnya pake jas almamater UI itu cita-cita saya dari kecil. Doain mudah-mudahan masuk ya kak.. hehehehe
    Makasih ya ka sebelumnya :)

  25. Ikhsan says:

    Kalo semisal buta warna parsial masih bisa masuk jurusan Bioproses apa ngga kak??

  26. aisyah says:

    kak, aku mau nanya. kan aku barusan baca salah satu komen kakak, katanya tek.bioproses belajar fisika juga. nah, aku problemnya ada di fisika -_- gimana tuh kak? tapi aku suka banget sama biologi. pls reply. makasih:)

  27. Kak, bagusan teknik bioproses UI atau UNIBRAW?

  28. nadya R. says:

    wah, mdah2n aku bisa masuk di Teknlogi bioprses UI 2014.. Amin.. Doa in ya kak.. Hehe:D

  29. yogi nugraha says:

    Rada mirip sama bioenineering yah :O

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. [...] insinyur bioproses itu kerjanya dimana aja sih. berikut gw kasi informnya yang gw dapet dari http://lischer.wordpress.com/2010/05/23/prospek-kerja-teknologi-bioproses/ really good info i [...]

  2. [...] by lischer on May 23, 2010 · 31 Comments Rate [...]

  3. [...] prospek kerja sarjana teknologi bioproses bisa dilihat di blog senior saya : silahkan klik di sini, dan ini update-an dari beliau : link (Silahkan [...]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

    • 425,866 pendatang
  • Calendar

    May 2010
    M T W T F S S
    « Jan   Jun »
     12
    3456789
    10111213141516
    17181920212223
    24252627282930
    31  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: