fungsi dari serial port dan parallel port


Port merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk menghubungkan komputer dengan peripheral lainnya. Interface yang memungkinkan sebuah PC dapat mengirimkan atau menerima informasi ke atau dari peranti eksternal, seperti printer atau modem. Sebuah PC umumnya terdiri dari port serial, parallel dan beberapa port USB.

A. Serial Port

Serial Port atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia adalah port seri merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi untuk mentransmisikan satu bit informasi pada satu satuan waktu. Dalam serial port, pengiriman informasi tidak memungkinkan untuk melakukan secara banyak sekalius. Hal ini disebabkan karena dalam melakukan pemindahan data, biasanya serial port bekerja seri, misalnya COM 1 dan COM 2. Untuk penggunaan port serial sekarang ini sudah berkurang. Penggunaan port serial telah tergantikan dengan port USB dan Firewire. Sedangkan untuk jaringan (networking) fungsinya sudah tergantikan dengan port Ethernet. Berikut beberapa fungsi serial port yaitu menghubungkan antara peripheral (alat) computer lain dengan motherboard, penghubung antara mouse dengan motherboard, penghubung antara modem dengan motherboard, dan mentransmisikan informasi-informasi berupa bit-bit dari mainboard ke perangkat lainnya.

B. Parallel Port

Parallel port atau biasa disebut dalam bahasa Indonesia adalah port paralel merupakan sebuah port pada personal computer yang berfungsi sebagai alat komunikasi komputer (motherboard) dengan perangkat luar yang bersifat paralel. Pada port paralel, pemindahan informasi dapat dilakukan secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak daripada port seri. Port paralel biasa dikenal dengan Printer Port atau Centronics Port. Fungsi port paralel adalah sebagai penghubung motherboard dengan Printer jenis lama, Zip drive, beberapa Scanner, Sound Cards, Web Cams, Gamepads, Joystick, pemrograman EPROM, peralatan SCSI melalui adapter paralel ke SCSI, percobaan dengan TTL 12 driver, dan External CD-R atau CD-RW. Selain itu, port paralel juga digunakan sebagi uji coba sederhana dalam perancangan peralatan elektronika.

tweetmeme_style = ‘compact';

About these ads
Comments
6 Responses to “fungsi dari serial port dan parallel port”
  1. dhani says:

    makasih tutornya.

  2. Kusuma says:

    Saya mw tnya. Dl sy prgunakan port printer untuk downlod ic atmel at 89s52. Tp skrg pgn pake port usb untuk mendownlodnya. Tp saya tdk tau pin2 koneksinya dr usb ke atmel tsb.. Trmksh

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. [...] – Parallel Port yang berfungsi sebagai penghubung CPU dengan printer dan perangkat lain yang berkesesuain dengan port paralel, misalnya Web Cam, beberapa tipe scanner, joystick, CD-RW eskternal, peralatan SCSI, soundcard, dan lainnya. (sumber) [...]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

    • 404,457 pendatang
  • Calendar

    December 2009
    M T W T F S S
    « Sep   Jan »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    28293031  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: