pancasila Ditinjau dari Perspektif ilmu


1. PANCASILA DAN FILSAFAT ILMU

Filsafat ilmu adalah ilmu pengetahuan yang melihat tentang bagaimana kegiatan dan proses (cara kerja) ilmiah dan ciri pengetahuan secara kritis. Pancasila dari perspektif filsafat ilmu bertujuan agar Pancasila dapat dikaji secara kritis. Upaya ini dilakukan mengingat Pancasila sebagai suatu ideologi yang memiliki sifat futuristik (Sastrapratedja, 1993: 143). Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila merupakan nilai-nilai yang dicita-citakan, sementara nilai itu sendiri adalah sesuatu yang dicita-citakan (Andrain, 1992: 77).

Filsafat ilmu bertumpu pada dua aspek yaitu, aspek pembenaran ilmiah (context of justification) dan aspek penemuan ilmu (context of discovery). Aspek pembenaran ilmiah (context of justification) menuntut Pancasila untuk dikaji secara epistemologis. Untuk itulah Pancasila harus dianggap fenomena yang didalamnya berisi pengandaian atau asumsi tentang objek. Metodologi, atau metode atau pendekatan yang logis melalui observasi (pengamatan ,verstehen interpretasi, teori kritis, dialog, pembauran multikultural, integrasi, adaptasi, sosialisasi, dan seni budaya dalam melihat fenomena tersebut. Dalam aspek penemuan ilmu (context of discovery), dapat mengarahkan Pancasila ke pelaku ilmu yaitu mahasiswa, peneliti, dan ilmuwan. Pancasila telah dibuat berdasarkan penalaran yang kritis dan logis sehingga dapat diterima secara rasional.

Sila-sila dalam Pancasila,

1. Ketuhanan Yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan

5. Keadilan di seluruh rakyat Indonesia

2. PANCASILA SEBAGAI SISTEM NILAI

Pancasila pertama kali diucapkan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945. Baru saat sehari setelah merdeka, 18 Agustus 1945, Pancasila terbentuk dalam pembukaan UUD 1945. Pancasila merupakan kenyataan dan kebenaran yang berasal dari dirinya sendiri dan telah diterima sebagai filsafat dan pandangan hidup. Hakekat Pancasila adalah nilai-nilai yang terkandung dalam sila-sila Pancasila yang bertindak sebagai pedoman dan norma, serta diaktualisasikan dengan realisasi konkret. Realisasi Pancasila dalam undang-undang merupakan bentuk realisasi konkret dari nilai-nilai Pancasila.

Isi sila-sila Pancasila adalah pada hakekatnya merupakan satu kesatuan, yang bersifat umum dan universal. Pancasila adalah ideal untuk diterapkan di Indonesia. Sebagai ide filosofis bentuk penerapannya dapat berbeda-beda dan dapat menyatukan perbedaan tersebut. Dengan itu, Pancasila merupakan cita-cita dan harapan menuju masyarakat bangsa Indonesia yang merdeka, berdaulat, adil dan makmur, dan aman sejahtera.

3. NILAI PANCASILA

Darmodiharjo membagi nilai-nilai yang terdapat pada Pancasila menjadi 4 yaitu,

1. Nilai religius, ialah nilai-nilai yang berkaitan dengan keterikatan individu dengan Tuhannya Yang Maha Esa sebagai makhluk yang beragama.

2. Nilai moral, ialah nilai tentang kebaikan yang muncul akibat perilaku orang baik sebagai individu maupun dalam hubunganya dengan orang lain atau masyarakat.

3. Nilai kebangsaan, ialah nilai tentang manusia yang secara kodrat memiliki hak dan kewjiban atau jti diri dalam kehidupan bernegara.

4. Nilai keadilan, ialah nilai yang menjunjung tinggi norma berdasarkan ketidak berpihakan, keseimbangan, pemerataan terhadap sesuatu hal.

5. Nilai kebersamaan dan toleransi, ialah dua nilai yang saling melengkapi.

4. PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN NASIONAL

Hakekat dari pembangunan nasional adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan masyarakat Indonesia seluruhnya dengan Pancasila sebagai dasar, tujuan, dan pedomannya (Elly M. Setiadi, 2003:173). Untuk mewujudkan pembangunan nasional yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 alinea IV diperlukan pembangunan yang berkesinambungan meliputi seluruh kehidupan masyarakat, bangsa, dan negara. Dalam praktik pelaksanaan pembangunan nasional dilakukan melalui sebuah kegiatan nasional yang mencerminkan program, pola, sasaran dalam tahap tertentu dengan tetap konsisten menuju terwujudnya tujuan nasional. Salah satu penerapannya adalah melalui paradigma penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

5. PANCASILA SEBAGAI PARADIGMA PEMBANGUNAN NASIONAL DALAM BIDANG POLEKSOSBUDHANKAM

Paradigma nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila-sila Pancasila mempengaruhi pembangunan nasional di segala bidang meliputi,

1. Bidang politik, yaitu menjunjung tinggi HAM, terjadinya reformasi, terciptanya negara yang berasal dari rakyat, untuk rakyat, oleh rakyat (Abraham Lincoln, “Demokrasi”).

2. Bidang ekonomi, yaitu berubahnya sistem ekonomi kapitalis di Indonesia menjadi sistem ekonomi Pancasila yang harus memenuhi kebutuhan hidup manusia secara layak.

3. Bidang sosial dan budaya, yaitu digunakannya Pancasila sebagai dasar untuk menerima budaya yang dari luar yang dapat diterima oleh masyarakat Indonesia.

4. Bidang pertahanan dan keamanan, yaitu terjadinya amandemen UUD 1945 karena tidak lagi sesuai dengan kondisi bangsa dan negara, pertahanan dan keamanan dilaksanakan berdasarkan Pancasila sehingga tidak ada dampak totaliter atau otoriter pertahanan dan keamanan terhadap masyarakat Indonesia.

About these ads
Comments
2 Responses to “pancasila Ditinjau dari Perspektif ilmu”
  1. danarfian says:

    wah ken.. gy nyari tugas KN di google eh ga taunya ga sengaja ketemu page lu.. hahahaha

    bisa kbetulan gitu..

    ni post bermanfaat bgt ken buat gw..

    Thank ya Ken.. terus berkarya..

    salam

    Danarfian Septiarno..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

    • 408,851 pendatang
  • Calendar

    September 2009
    M T W T F S S
    « Aug   Dec »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: