IDEOLOGI


1. PENGERTIAN IDEOLOGI

Secara historis, ideologi mengalami perubahan dari masa ke masa. Ideologi secara estimologis berasal dari kata idea yaitu ide atau gagasan dan logos yaitu ilmu. Dalam rumusan De Tracy, ideologi merupakan dasar pemikiran dari semua pemikiran.

2 IDEOLOGI DALAM KEHIDUPAN BERBANGSA DAN BERNEGARA

Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, kita menjumpai adanya gejala ideologi tertentu yang dihayati sebagai sumber nilai, sebagai contoh liberalisme di AS, sosialisme di Kuba, dan Pancasila di Indonesia. Ideologi dalam setiap negara berbeda-beda. Penerapan ideologi di kehidupan berbangsa dan bernegara sangat bergantung pada kondisi rakyat di suatu negara.

3 BENTUK-BENTUK IDEOLOGI

Ideologi dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu ideologi sebagai sistem pemikiran yang tertutup dan ideologi sebagai pemikiran yang terbuka. Ideologi sebagai sistem pemikiran yang tertutup mengacu pada ideologi monopoli kekuasaan dan cenderung otoriter (Heywood, 1998: 10). Ideologi sebagi bentuk pemikiran yang terbuka mengandung komitmen terhadap kebebasan, toleransi dan pengakuan terhadap kemajemukan dalam masyarakat (Heywood, 1998: 10).

4 MACAM-MACAM IDEOLOGI

  1. Liberalisme adalah suatu ideologi atau ajaran tentang negara, ekonomi, dan masyarakat yang mengharapkan kemajuan di bidang budaya, hukum, ekonomi, dan tata kemasyarakatan atas dasar kebebasan individu yang dapat mengembangkan bakat dan kemampuannya sebebas mungkin.
  1. Kapitalisme, di lihat dari sisi ekonomi diartikan sebagai sistem ekonomi di mana bahan baku distribusinya secara pribadi dimiliki dan dikembangkan. Sedangkan bila di lihat dari sisi politik, kapitalisme adalah sistem sosial berdasarkan hak asasi manusia.
  1. Sosialisme adalah suatu ideologi yang menjadi gerakan yang hendak mengubah struktur kepemilikan masyarakat secara politis, serta ingin membangun suatu masyarakat baru atas dasar berbagai aliran dalam sosialisme.
  1. Marxisme sebagai suatu ideologi timbul karena munculnya kapitalisme yang menimbulkan perbedaan kelas dalam masyarakat. Hal ini menyebabkan penderitaan kaum proletar, sedangkan kaum borjuis semakin kaya.
  1. Fazisme dan Nazisme memiliki beberapa konsep dasar, sehingga nazisme sering disebut sebagai fasisme varian jerman. Secara umum, fasisme dan nazisme bertilik tolak dari konsep-konsep dasar tentang superioritas, elit dan kepimpinan yang karismatik, Negara otoriter, nasionalisme, sosialisme, dan militerisme.
  1. Feminisme, Pemikiran ini terjadi karena didorong oleh realitas di masyarakat, di mana posisi perempuan pada masa-masa tersebut kurang beruntung dibandingkan dengan posisi laki-laki.
  1. Ekologisme adalah suatu ideologi yang mendalami tentang masalah lingkungan dan reaksi terhadap proses industrialisasi yang cenderung memperluas produksi dan konsumsi tanpa mempedulikan keterbatasan.

5 IDEOLOGI-IDEOLOGI DARI ASIA

  1. Hind Swaraj (berasal dari kat Hind yagn berarti bangsa India dan swaraj yang berarti pemerintahan sendiri), adalah ideologi yang digagas oleh Mohandas Karamchand Gandhi (1869-1948).
  1. Pancasila merupakan ideologi bangsa Indonesia yang dikumandangkan pertama kali oleh soekarno pada tanggal 1 Juni 1945, yakni pada saat berlangsungnya siding Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI).

6 HAMBATAN DAN TANTANGAN DALAM BERIDEOLOGI PANCASILA

  1. Hambatan dalam berideologi dapat terjadi karena adanya perbedaan paham secara individualisme dan secara golongan.

2. Perbedaan Kepentingan. Pengalaman sejarah menunujukkan bahwa penafsiran Pancasila secara subjektif dan kepentingan sendiri sama dengan membuat kabur Pancasila dan menjadi tidak bermakna.

  1. Bentuk-Bentuk Ancaman dapat berupa isu, gejala-gejala/kecenderungan (pola hidup konsumtif, sikap mental individualistis, pemaksaan kehendak, kemalasan, penurunan kedisplinan, dan lain-lain), perbuatan, tindakan dan tingkah laku yang mengganggu, dan Subversi.
  2. Tantangan yang dihadapi dalam berideologi pancasila dapat berasal dari dalam maupun luar negeri.

7 REFLEKSI KRISIS TERHADAP IDEOLOGI

Ideologi dapat menjadi sistem pemikiran yang terbuka dan tertutup, ideologi dapat dimengerti sebagai ilusi, dan berorientasi pada kekuasaan di mana dalam bentuk ini, ideologi bersifat menindas. Ideologi berfungsi memberikan harapan akan dunia baru yang lebih baik dari keadaan masa lampau yang kurang ideal, serta memberikan langkah-langkah strategis untuk mencapai tujuan yang ideal tersebut, maka ideologi sangat menarik bagi rakyat, baik secara rasional maupun emosional.

About these ads
Comments
One Response to “IDEOLOGI”
  1. Lee Kyun Mi says:

    carikan bentuk2 ideologi di Luar Negeri Donk…… ^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

    • 404,423 pendatang
  • Calendar

    September 2009
    M T W T F S S
    « Aug   Dec »
     123456
    78910111213
    14151617181920
    21222324252627
    282930  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: