Apa itu Teknologi Bioproses?


Saya sangat bangga karena bisa kuliah di salah satu universitas terkemuka di Indonesia. Dimana lagi kalau bukan di Universitas Indonesia. UI kampus yang memiliki segudang prestasi, fasilitas, dan pengajaran yang baik. Sebagai angkatan 2008 saya sangat menjunjung tinggi almamater saya.

Biasanya, jika orang menanyakan,“dimana kuliahnya?”

“di Universitas Indonesia”, jawab saya.

“Wow, hebat sekali. masuk jurusan apa disana?”, sahut orang tersebut dengan tampak sedikit terkejut dan terkesan.

Saya pun segera bilang,”di jurusan Teknologi Bioproses”.

“Teknologi Bioproses????? apaan tuh?????”, sahut mereka yang menanyakan dengan muka bingung. (T_Tv)

======

Nah, pertanyaan seperti itu tuh yang sering sekali orang menanyakan. Bukan hanya satu atau dua orang yang menanyakan

“teknologi bioproses???? apaan tuh??? atau jurusan apa itu???? atau belajar apa saja disana???”

Tetapi hampir ratusan (mungkin ribuan atau lebih). Dan ini semua yang dirasakan oleh kebanyakan teman di Teknologi Bioproses.

======

Tenang, disini ada jawabannya. Terserah mau dijawab secara rinci atau tidak yuk disimak saja.

Teknologi Bioproses

Teknologi bioproses adalah teknologi yang berkaitan dengan segala operasi dan proses yang memanfaatkan mikroorganisma baik dalam fasa hidupnya maupun produk-produk enzimnya. Teknologi bioproses merupakan gabungan antara bioteknologi dan teknik kimia.

Seperti yang kita tahu, bioteknologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang rekayasa genetika dan bagaimana cara memanfaatkan mikroba untuk menghasilkan suatu produk. Dalam bioteknologi akan dipelajari tentang mikrobiologi, molekular genetika, dan biokimia. Teknik kimia merupakan salah satu ilmu dalam bidang teknik (engineering) yang mempelajari tentang bagaimana cara untuk mendesai atau merekayasa suatu proses desain atau kendali untuk bahan-bahan kimia menjadi produk massal. Dengan kata lain, teknik kimia berperan untuk memproduksi suatu produk secara lebih banyak.

Produk-produk hasil penelitian bioteknologi itu sangat banyak dan sangat memiliki manfaat. Namun, semua itu tidak memiliki manfaat apapun apabila tidak dapat digunakan oleh orang banyak. Disinilah peran teknik kimia, dimana digunakan untuk mendesain suatu proses desain dan kendali terhadap produksi hasil penelitian bioteknologi secara massal. Teknologi untuk memproduksi hasil-hasil bioteknologi secara massal inilah yang disebut dengan teknologi bioproses.

untuk informasi tentang bagaimana prospek kerjanya. silahkan klik Prospek Kerja Teknologi Bioproses.

Comments
73 Responses to “Apa itu Teknologi Bioproses?”
  1. cukup menjawab pertannyaan ttg TB kok
    anyway gw link blog lo ke blog gw ya

  2. nur halimah says:

    aQ mw nanya, emmm aQ skrg Lg kuL di salah satu dPoliteknik di Jawa Timur Jurusan Teknik Kimia( D3 yang mw aQ tnykan stlah Lulus ntar aQ bs transfer S1 k Teknologi Bioproses d UI kan?
    Tu kira-kira brpa thun aQ kulihnya trus prospek kerja Teknologi Bioproses dmna Ja? trima kasih

    • lischer says:

      yang saya tahu sejauh ini dari D3 bisa lanjut ke S1 di UI lewat jalur S1 ekstensi bukan reguler. Jadi, di S1 ekstensi tersebut hanya tinggal kuliah lagi selama 2 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana. Kalau di UI, S1 ekstensi untuk jurusan teknologi bioproses belum ada. Jika nur berminat untuk mengambil teknologi bioproses UI, kamu bisa mengambil S1 ekstensi jurusan Teknik Kimia di UI juga. Di teknik kimia tersebut akan ada salah satu peminatan yaitu tentang teknologi bioproses. Jadi sama saja kan.

  3. febi says:

    jadi, klo kuliah di jurusan teknologi bioproses di UI tuh bisa dapet apa aja?
    kira2 lowongan kerjanya ntar apa aja??

    tolong dijawab yah!!
    thx b4.. =)

  4. cuvu2blagu says:

    betul nih,,bioproses itu sebenernya turunan dari teknik kimia,, cuma kalo tekkim itu untuk urusan gas dan minyak,,dulu jadi satu tapi sekarang udah nggak,, bioproses itu belajar tentang segala macam bio bio an..haha

  5. tari says:

    kakak mahasiswa tek. bioproses yaa??

    rncna.a aku jga mau ambil itu..
    kra” prospek krjaa.a ap ya kaak??
    makasii

  6. Zora says:

    Kak, saya mau tanya prosperk kerjanya di bidang apa saja ya? terimakasih.
    Mohon infokan ke blog-ku klo sudah di bls.

  7. nisa says:

    peluang kerja teknologi bioproses tu gimana y???????????
    mksh

  8. kikadini says:

    kira-kira prospek kerjany bagus gak? aku mau milig itu mslhnya di UI. doai ya :D

  9. fs says:

    makasih info nya.. ak rncn ambil jur. ini.. :)

  10. tata says:

    Ka,aku juga berminat nih,prospek kerjanya apa y?tlg bls ya..thx

  11. ita says:

    nanti kerjanya ngapain?

  12. martina says:

    bioproses terdengar sangat menyenangkan.
    apakah disana qta akan melakukan byk experimen??
    apakah teknologi bioproses memiliki prospek yg bagus di masa depan??
    terima kasih

    • lischer says:

      iya, benar sekali terutama kl udah semester 7 atau 8. Di teknologi bioproses UI sendiri sudah banyak sekali penilitian-penilitian yang telah dilakukan, baik yang dilakukan oleh dosen atau mahasiswa..

      prospeknya sangat bagus, karena di masa depan seiring berkembangnya ilmu pengetahuan terutama di bidang bioteknologi, meningkatnya pengetahuan masyarakat, dan meningkatnya kepedulian terhadap lingkungan menyebabkan teknologi bioproses akan banyak diperlukan. Misalnya di bidang energi, sudah banyak penelitian yang bisa memperoleh energi terbarukan seperti biodiesel dan bioetanol yang bisa menggantikan peran minyak bumi sebagai sumber energi utama. Tugas dari lulusan teknologi bioproseslah yang bertugas untuk memproduksinya agar masyarakat dapat merasakannya. masih banyak aplikasi-aplikasi yang lainnya.

      coba klik

      http://lischer.wordpress.com/2010/05/23/prospek-kerja-teknologi-bioproses/

  13. tebe says:

    mudah”an saya bisa masuk…

  14. Mila says:

    Kak, saya maba bioproses ui 2010..
    Mohon bimbingannya.. ^___^

  15. Dei says:

    masuk teknologi bioproses susah gak sih???? akreaditasi buat jurusan ini apa???
    biaya kuliahnya brp???

    • lischer says:

      ga susah kok, asal ada niat, doa, dan usaha pasti bisa lolos kok :)

      Sampai sekarang masih belum ada akreditasi untuk Teknologi Bioproses. namun, karena teknologi bioproses memiliki pengajar/dosen yang berasal dari Teknik Kimia UI (yang memiliki akreditasi A), sehingga mutu pembelajarannya sudah bukan lagi menjadi suatu masalah. Teknologi Bioproses merupakan jurusan yang baik :)

      biaya kuliah di UI sebesar 7,5 juta. Namun ada sistem BOP-B dimana kamu dapat membayar sesuai dengan kemampuanmu. kamu bisa membayar kuliah tanpa uang pangkal, dan membayar hanya Rp 100.000,00 per semester

  16. elz says:

    wow,kyaknya co2k ma minat q,,
    thanks wat infonya kakak..
    doain aq lolos ke situ y?

    blajar yuk :D

  17. Cylin says:

    Saya ud sejak kelas 2 nyari jurusan bioteknologi untuk s-1, tapi di Indonesia kyknya belum ada…
    Akhirnya, ada juga jurusan yg mirip dengan itu.
    Smg bisa diterima tahun depan…

    Informasi ini SANGAT membantu. Terima kasih kak =D

  18. resha says:

    mau tny nih..beda nya jur bioteknologi n jur.teknologi bioproses scra lbh spesifik lagi..apa ya?
    bt temen2 yg mau pngn masuk s1 jurusan bioteknologi, d indo ada kok..tp swasta..di atmajaya jkt ato jogja..kl ga, di ubaya srbya ada jg..tp ya itu td, swasta msh mhl..hehe

    • lischer says:

      Jadi seperti ini,,, jurusan bioteknologi cenderung ke arah spesifik ilmuwan untuk percobaan… mencoba membuat produk dalam skala kecil dan berbagai spesifinya… Sedangkan jurusan teknik bioproses cenderung aplikatif dalam dunia industri untuk scale up, tidak hanya produk hasil percobaan tetapi menjadi produk manufaktur skala besar yang berguna bagi masyarakat

  19. Riri says:

    Disana gmn kak? lebih banyak belajar bio nya ato kimianya?
    Saya ngga terlalu suka kimia masalahnya…

    Saya amat sangat tertarik untuk belajar hal yg berbau rekayasa genetika.
    Tapi ngga hanya sebatas ngerekayasa bakteri. Sya lebih tertarik ke rekayasa tumbuhan ato hewan.
    Kira2 cocok ngga ya masuk jurusan ini?

    • lischer says:

      di bioproses, kimia dan biologi sudah menjadi hal pokok yang harus bisa. Karena mereka berdua hanya dasarnya saja. Kl kamu suka dengan rekayasa genetika, wah pas sekali untuk masuk ke jurusan ini. Ditunggu ya riri :)

  20. Deny Handryansyah says:

    kak terus passing gradenya besar gag kak?

    eh terus saya penasaran bedanya sama biokiimia apa?

  21. yani says:

    kak aku pengen banget untuk masuk bioproses kira-kira untuk tahun ajaran ini nerima berapa ya kak ? terus kalo masuk lewat simak berapa persen yg siterimanya.
    makasih

  22. fitra says:

    kak, aku minat bgd ke tek. bioproses. doain aku jd maba UI tek. bioproses 2011 yah..

    this is a nice posting :)

  23. bintang says:

    apa aja yang di pelajari kak?
    trus peminatannya gmana?

  24. Tikka says:

    Dear Kenny,

    Saya kutip ya untuk presentasi/promosi Humas FTUI ke SMA-SMA …. sebab penjelasan kamu yang paling bagus yang saya bisa temukan (bahkan setelah bertanya langsung ke ahlinya, saya masih belum juga ngeh ….).

    Terima Kasih
    – Humas FTUI-

  25. Nia says:

    Kak, TB tu ada mapel fisika n mat juga ga?

  26. Anne says:

    kalo TB akreditasinya apa??

  27. bip says:

    mas,
    teknologi bioproses dengan teknik bioproses sama tidak?

  28. fida naqiyyah says:

    teknologi bioproses buat s1 ada g kak? soalnya di ipb sama itb adanya s2, g ada yang s1.

  29. diah says:

    Ikut nanya ya…..

    Sy jadi bingung nih, ponakan sy diterima di Teknik Biproses Univ. Brawijaya melalui SNMPTN Undangan….Hiks ga diterima di UI. Setelah sy baca di halaman depan kalo di UI, Teknik Bioproses termasuk turunan Teknik Kimia tapi kenapa di UB (Unibra) masuk dalam Teknologi Pertanian??? So tolong dong jelasin…..baiknya diambil ga ya?

    Thanks

  30. aditya says:

    Kak, saya mau tanya.

    Untuk tingkat passing grade Teknologi Bioproses dengan Teknik Kimia di UI, mana yang lebih tinggi ?
    Apakah selisih passing grade-nya cukup aman untuk saya ambil sebagai 2 pilihan di Pendaftaran Ujian SNMPTN ??

    Terima Kasih.

  31. kak maksh info nya..
    saya jdi smakin mencintai Teknologi bioproses.. ^^

    doakn ya kak saya mnjadi maba TB UI thn ni.. ^^

  32. Lita says:

    Alhamdulillah saya maba TB UI 2011. Mohon bimbingannya ya kak. :)

  33. kak bedax bioprproses UI dgn BIOPROSES UB dmnaxya?????

  34. siipppp gan…
    bangga akan Bioprocess Engineering
    saya juga
    tapi anak Brahwijaya

  35. Hanna says:

    kak mau nanya,aku masih SMA kelas 3 terus pengennya sih ke jurusan Teknik Bioproses nah yang saya mau tanya, di UI itu udah ada belom sih lulusan Teknik Biop?

  36. widia hafidhiani says:

    teknik bioproses ini cuma ada di UI aja ?
    kalo mau masuk teknik bioproses ini , perlu mendalami pelajaran apa aja ?
    mohon info nya ^^

  37. Farisa Imansari says:

    kak saya mau tanya, rencananya saya akan ikut SNMPTN Undangan dari UI yang jurusan TB tahun ini, kira-kira gradenya berapa ya? tinggi atau sedang?

  38. Farisa Imansari says:

    saya sudah sedikit mengetahui TB melalui internet, apakah benar TB itu berhubungan dengan biogenetika? saya mohon penjelasan lebih lanjut. terimakasih

  39. ayuan says:

    ka. teknologi bioproses itu wajib bisa biologi ?

  40. lani says:

    kalo buat prempuan, bagus gak sih?

  41. nana says:

    waaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa nyesel kenapa masuk farmasi T_T pengen masuk bioproses. haha. jadi taun ini mau ikut snmptn lg deh di UI juga lagi :)

  42. restu siti nursa'adah says:

    halo ka kenny! :) ternyata aku juniormu di sma 8 tangerang lho! heehe (aku bru tau hari ini, padahal aku udh sering baca2 blog kaka :)) penjelasan ttg bioprosesnya lengkap bnget ka, saya jdi mantep pengin masuk bioproses. bioproses itu lebih ke biologi g kmia-fisika ka??

    • ma’f aQ sok tau, tpi klw kmu liat kurikulum’ny psti lbih bnyak kimia drpd biologi, trust me, aQ dah liat kurikulum lngkapny dr situs resmi UI, klo Fisika sdikit kmu btul, TBiop mmang pling sdikit fisikanya.

  43. Ass.wr.wb, Kak, termiakasih atas informasinya. Mau nanya nih, emangnya kalau bioteknologi *doang* adanya S2 aja, gak ada di di S1? Nah, untuk Teknologi Bioproses, kira2 ngambil S2-nya apa? Bioteknologi bisa? Kebetulan, saya suka biologi, dan pernah ikutan OSNnya. Mohon bantuannya, Kak.

  44. heppiemovic says:

    saya pengen nyoba teknologi bioproses :)

  45. Vivien Diawani Rosevel says:

    kak..persaingan masuk ini ketat ga sih ?

  46. Dipta Dwi says:

    Insyallah maba UI T.bioproses 2013 “man jadda wa jadda”

  47. Rizky Yudhiantara says:

    Kak Mau nanya, Saya anak SMK jurusan Analisis Kimia setelah saya melihat daftar (Kurikulum-nya) Ternyata sama dengan pelajaran yang saya telah pelajari seperti Pelajaran Mikrobiologi kalo saya masuk jurusan itu ada peluang gak ya ? soalnya saya masih minder dengan SMK yang katanya masih dipandang sebelah mata oleh ptn lainya

  48. annisa says:

    mudah2an tahun ini saya bisa masuk jurusan ini
    amin ( ´ ▽ ` )
    mohon doa nya ya ka :)

  49. eni says:

    hebat yaaa kk bsa msuk UI..
    saya jga mau banget, Insya Allah tahun ini. Amin :D

  50. Nadiyya says:

    kLO JURUSN tEKNIK gEOLOGI DI UI aDa K?
    kk msuk UI lwt jlur apa?
    oy, mksdny sistem BOP-B dimana dpt membayar sesuai dengan kemampuan, bisa membayar kuliah tanpa uang pangkal, dan membayar hanya Rp 100.000,00 per semester itu gmn k?

  51. wina hidayat says:

    ka, mau nanya dooong… kalo persentase penggunaan teknik bioproses gimana dan berapa, ka? terus kelebihan bioproses dibanding teknik yg lain gimana (selain dari objek studinya)? terus katanya bioproses lebih ramah lingkungan, kenapa ka? mohon penjelasannya ya ka….maaf ya ka, kalo kebanyakan.. hehehe

  52. wina hidayat says:

    ka, mau nanya dooong… kalo persentase penggunaan teknik bioproses di indonesia saat ini gimana dan berapa, ka? terus kelebihan bioproses dibanding teknik yg lain gimana (selain dari objek studinya)? terus katanya bioproses lebih ramah lingkungan, kenapa ka? mohon penjelasannya ya ka….maaf ya ka, kalo kebanyakan.. hehehe

  53. hanum says:

    kak,,,, saya rencana mw plih tB, kira2 susah gag kak,,,,,? maksih,,,

    • gak koq, ma’f ea lw aQ sok tau, tpi stelah ngeliat kurikulumnya gk susah susah amat koq, usahain kamu suka Biologi n Kimia soal’ny itu yg paling banyak matkulnya. aQ ykin kmu psti bisa.

  54. tannya says:

    kak, masuk UI itu susah ya?

  55. Beby says:

    Kak, masuk teknik bioproses UI susah ga ka?

  56. halo bang, boleh nanya gk ?,
    masuk bioproses UI susah gk ? aQ rncananya mw milih TBiop UI, BTW, nilai tuk masuk TBiop UI brapa ya ?

Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] sangatlah banyak dan luas. Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya untuk mengetahui tentang apa itu teknologi bioproses terlebih […]

  2. […] sangatlah banyak dan luas. Sebelum membahas lebih lanjut, ada baiknya untuk mengetahui tentang apa itu teknologi bioproses terlebih […]



Leave a Reply

    • 443,150 pendatang
  • Calendar

    July 2009
    M T W T F S S
    « Jun   Aug »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

