Revolusi Ilmu Pengetahuan


Sebenarnya apakah yang dimaksud dengan revolusi ilu pengetahuan? Apakah revolusi tersebut memiliki kegunaan? Revolusi ilmu pengetahuan muncul di Eropa sekitar Abad XVII ketika sedang dilanda krisis kehidupan yang cukup berat.

Kehidupan ekonomi yang tidak menguntungkan sebagian rakyat jelata dan kehidupan kenegaraan feodalisme yang sangat matrealistis kapitalis menyebabkan gejolak pada bangsa Eropa. Beberapa revolusi terjadi antara lain, Revolusi Industri, Revolusi Pertanian, Revolusi Perancis, dan Revolusi Ilmu Pengetahuan.

Revolusi ilmu pengetahuan merupakan suatu revolusi yang menandakan bangkitnya kelompok intelektual bangsa Eropa mengenai cara berpikir keilmiahan. Revolusi ilmu pengetahuan adalah sebuah revolusi mengenai perubahan cara berpikir serta persepsi manusia dalam mendapatkan pengetahuan bagi dirinya. Perubahan persepsi manusia tersebut adalah perubahan dari cara berpikir yang ontologis ke cara berpikir matematis mekanistis. Cara berpikir ontologis adalah warisan yang ditinggalkan bangsa Eropa ketika Abad Pertengahan diberlakukan hukum agama bagi segala-galanya, termasuk kegiatan ilmu pengetahuan. Saat Abad Renaissance manusia tidak lagi menjadi citra tuhan, tetapi manusia juga memiliki rasio atau keadaran manusia serta kreativitas keinginan untuk maju, memperbaiki kebudayaan manusia. Pengetahuan dilandaskan rasionalitas dan empiristis yang berkembang pesat dengan pendekatan matematis yang diterapkan dalam kajiannya.

Cara berpikir matematis mekanistis dalam revolusi ilmu pengetahuan yang dipelopori oleh Newton menjadi semacam gaya para intelektual untuk membuat analisis dalam penelitiannya. Pendekatan yang bersifat kausalitas yang didukung dengan percobaan atau eksperimen melalui usaha uji coba model tiruan dari objek yang sesungguhnya membuat para peneliti dapat mengembangkan penelitiannya dengan lebih sempurna.

Akibat dari perjalanan proses revolusi ilmu pengetahuan, memunculkan adanya nilai-nilai dasar yang tampil dalam perubahan cara berpikir manusia. Nilai-nilai dasar itu adalah nilai alam, budaya dan ekonomi.

About these ads
Comments
4 Responses to “Revolusi Ilmu Pengetahuan”
  1. Ahmad Haes says:

    Menarik. Tapi terlalu pendek, sehingga masih banyak sekali pertanyaan tentang revolusi ilmu itu yang belum terjawab. Saya rasa, Anda perlu mengelaborasi masalah ini lebih lanjut. Salam kenal.

  2. lischer says:

    Salam kenal juga. terima kasih atas sarannya. saya akan mengklarifikasi lebih lanjut tentang masalah ini.

  3. suminto says:

    Bagus tetpai masih terlalu pendek, mungkin bisa ditambah dengan bagai mana revolusi ilmu pengetahuan dapat menjelaskan kekacauan sudut pandang teologis, metafisis dan sains.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

    • 403,725 pendatang
  • Calendar

    July 2009
    M T W T F S S
    « Jun   Aug »
     12345
    6789101112
    13141516171819
    20212223242526
    2728293031  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: